7 Cara Masuk Safe Mode di Windows 10

Jika kamu menggunakan windows 10, secara default tentunya kamu tidak bisa menggunakan cara lama untuk masuk ke dalam Safe Mode. Yang saya maksudkan disini adalah masuk ke Safe Mode dengan menekan tombol F8 ataupun Shift + F8 ketika booting. Cara ini sudah tidak bekerja karena prosedur windows 10 sendiri agar booting lebih cepat daripada sebelumnya. Tetapi ini bukan berarti windows 10 tidak punya fitur Safe Mode. Hanya saja kita perlu melakukan beberapa cara terlebih dahulu untuk bisa masuk ke Safe Mode di Windows 10. Adapun cara atau prosedur tersebut antara lain :

  • Menggunakan System Configuration Tool (msconfig.exe)

Salah satu cara paling mudah untuk masuk atau boot ke Safe Mode adalah  menggunakan System Configuration Tool atau biasa kita kenal dengan msconfig. Caranya adalah dengan menggunakan Run atau dengan menekan tombol “Logo Windows + R” di keyboard. Setelah jendela Run muncul, ketik msconfig dan klik OK. Di jendela Configuration Tool, pilih tab Boot dan checklist Safe Boot kemudian klik OK. Windows 10 akan memberitahu bahwa PC kamu perlu reboot agar setting bisa berjalan. Klik saja Restart. Setelah windows 10 reboot, dia akan otomatis masuk ke dalam Safe Mode.

 

  • Menggunakan kombinasi  “Shift + Restart”

Cara lain untuk masuk ke dalam Safe Mode adalah dengan menggunakan kombinasi “Shift + Restart”. Buka Start Menu ( Logo Windows pojok kiri bawah) kemudian pilih atau klik ke Power Button (pilihan saat akan shutdown atau restart PC) dan akan muncul pilihan Sleep, Shutdown dan Restart. Tekan dan tahan tombol Shift di keyboard kemudian klik restart dengan kondisi masih menekan tombol Shift. Kemudian windows akan reboot dan akan masuk ke pilihan Continue, Troubleshoot dan Turn of Your PC. Pilih Troubleshoot dan pilih lagi Advanced Options. Di layar Advanced Options, klik Startup Settings. Windows akan memberitahu bahwa kamu dapat merestart PC mu, klik saja Restart. Windows akan reboot kembali dan kamu bisa memilih Boot Options yang kamu inginkan. Untuk masuk Safe Mode, kamu punya 3 pilihan. Untuk mengaktifkan “Safe Mode”, tekan tombol nomor 4 di keyboard atau tombol F4. Untuk “Safe Mode with Networking”, tekan 5 atau F5 dan untuk mengaktifkan “Safe Mode with Command Prompt”, tekan 6 atau F6.

Baca Juga :  Cara Memperbaiki H1 Heading Tidak Ditemukan di Wordpress dan Blogspot

 

  • Menggunakan Aplikasi Settings di Windows untuk mengakses Recovery

Kamu bisa buka aplikasi Settings dengan klik kanan Start Menu > Settings atau dengan menekan tombol “Logo Windows + i”. Kemudian pilih Update & Security. Di samping kiri layar Settings, pilih Recovery. Di sisi kanan layar Settings pilih Restart Now (Advanced Startup). Setelah windows restart, kamu akan menemukan tampilan yang sama dengan cara kedua diatas. Setelahnya, lakukan cara yang sama dengan cara kedua diatas.

 

  • Boot dari USB Recovery Disk (menggunakan flashdisk)

Setelah kamu membuat Recovery Disk, boot menggunakan Recovery Disk tersebut.  Tampilan pertama biasanya adalah pilihan keyboard, pilih saja US Layout. Setelah itu, akan muncul tampilan Choose an Options dan pilih Troubleshoot. Kemudian lakukan cara yang sama dengan cara kedua diatas. Troubleshoot > Advanced Option > Startup Settings > Restart. Kemudian aktifkan pilihan Safe Mode dengan 4 atau F4, 5 atau F5, 6 atau F6 sesuai keinginanmu.

 

  • Menggunakan Windows 10 Installation Drive (Bootable Flashdisk) dan Command Prompt

Jika kamu punya Windows 10 Installation Disk atau Bootable Disk (flashdisk), kamu bisa menggunakannya untuk masuk Safe Mode. Tentu saja cara ini digunakan bila kita tidak bisa masuk ke Mode Desktop atau karena windows kamu error dan kamu ingin memperbaikinya lewat Safe Mode. Untuk membuat Installation Drive, kamu bisa cek LINK INI. Setelah kamu mempunyai Installation Drive atau Bootable Disk, boot PC mu lewat Bootable Disk tersebut sama seperti ketika akan menginstal ulang windows. Setelah load environment selesai, pilih saja bahasa inggris dan keyboard layout pilih US. Klik Next. Setelah itu jangan pilih Install Now, tapi pilih Repair Your Computer di kiri bawah. Kemudian pilih Troubleshoot, kemudian pilih Command Prompt. Setelah layar Command Prompt muncul, ketik bcdedit /set {default} safeboot minimal. Klik Enter dan akan muncul tulisan “The Operation Completed Successfully”. Kamu bisa tutup layar Command Prompt sekarang. Di tampilan selanjutnya, pilih Continue dan windows akan reboot dan masuk Safe Mode secara otomatis.

Baca Juga :  Cara Flashing atau Unbrick Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek Helio X20 MIUI 8 Locked ataupun Unlocked Bootloader

 

  • Menggagalkan windows saat proses booting

Bila windows gagal saat proses boot secara normal (kalau gak salah 3x gagal), secara otomatis akan masuk ke mode Automatic Repair. Gagal boot ini misalnya ketika PC kamu reboot dan saat muncul logo windows, listrik dirumah kamu down/mati. Atau bisa juga kamu lakukan dengan sengaja misalnya dengan mencabut colokan power di PC saat PC booting atau bisa juga dengan menekan tombol reset. Ketika masuk mode Automatic Repair, tampilan di layar akan muncul tulisan “Preparing Automatic Repair”. Tunggu sebentar dan akan muncul tulisan “Diagnosing Your PC”. Kemudian akan muncul tampilan Automatic Repair. Pilih saja Advanced Options, kemudian Troubleshoot di layar selanjutnya. Dari sini kamu bisa mengulang cara yang sama dengan cara kedua diatas (Troubleshoot > Advanced Option > Startup Settings > Restart. Kemudian aktifkan pilihan Safe Mode dengan 4 atau F4, 5 atau F5, 6 atau F6 sesuai keinginanmu).

 

  • Menggunakan F8 atau Shift F8 ketika boot

Di windows 7 kamu bisa menekan tombol F8 sebelum windows load untuk masuk ke Advanced Boot Option dan masuk Safe Mode. Di windows 10, kamu bisa mencoba menekan tombol F8 juga atau Shift + F8 sebelum windows mulai loading. Bila kamu beruntung dan berhasil, kamu bisa masuk ke Recovery Mode. Tapi kemungkinan besar cara tersebut tidak akan berhasil bila kamu menggunakan SSD Drive atau UEFI BIOS karena mekanisme Fast Boot di Windows 10. Bila cara ini tidak berhasil, sebaiknya kamu mencoba cara lainnya diatas.

 

Windows 10 adalah Operating System yang mengandalkan kecepatan dengan proses boot yang cepat. Masuk ke Safe Mode dengan metode diatas kemungkinan tidak semuanya berhasil. Tapi setidaknya salah satu cara diatas bisa berhasil digunakan untuk bisa masuk ke Safe Mode. Selain windows 10, cara diatas kemungkinan bisa digunakan juga bila kamu menggunakan Windows 8.1 atau versi diatasnya. Bila ada cara dari saya yang terlewat atau ada cara lain yang lebih sederhana, silahkan berikan penjelasan di kolom komentar.

Baca Juga :  Cara Cepat Mengatasi Firing yang Lambat (Slow Firing) di Mod Vapor Chip DNA