Cara Memperbaiki Perbedaan Jam atau Waktu di Windows Ketika Dual Booting dengan OS X atau Linux

Jika PC atau laptop kamu menggunakan dual boot dengan OS X atau Linux, kamu mungkin pernah mengalami masalah yang ternyata jam reset sendiri atau berbeda waktu setiap kali kamu boot ke Windows atau sebaliknya. Misalkan ketika kamu boot di windows, jam menunjukkan pukul 16.00, kemudian kamu merestart PC/laptop dan boot ke linux atau OS X. Ternyata di Linux atau OS X menunjukkan waktu pukul 19.00. Tentunya kamu harus mensetting jam lagi untuk menyamakan dengan waktu lokal di tempat kamu sekarang.

Intinya, pengaturan jam yang salah terjadi karena OS X dan Linux menggunakan waktu GMT sementara Windows mencoba melakukan sinkronisasi dengan zona waktu lokal kamu dan ini tentunya akan membingungkan Operating System kamu saat reboot di antara keduanya. Driver Boot Camp milik Apple seharusnya sudah bisa memperbaiki masalah ini, meskipun beberapa pengguna masih mengalaminya bahkan dengan driver yang terpasang dan beberapa pengguna Linux pun masih mengalaminya juga. Jika kamu memiliki OS X (Hackintosh) dan kamu tidak dapat menginstal driver Boot Camp, kamu harus mencari cara lain untuk mengatasi masalah ini.

Dibawah ini adalah cara untuk mengatasi masalah perbedaan jam tersebut dan ini dilakukan ketika kamu booting di windows karena ini menggunakan registry. Cara ini sudah saya test di windows 10 dan kemungkinan bisa digunakan di versi windows lainnya.

  1. Klik kanan di logo windows (pojok kiri bawah) dan klik “Run”. Atau bisa kamu gunakan juga untuk cara pintasnya, yaitu ketika di desktop, tekan logo windows (tahan) di keyboard + tombol R
  2. Ketika muncul kotak pencarian, ketik regedit dan tekan ENTER
  3. Akan ada 2 kolom. Fokus ke kolom kiri. Selanjutnya arahkan ke “HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\TimeZoneInformation”
  4. Ketika di kolom kiri sudah mengarah ke TimeZoneInformation, ganti fokus ke kolom kanan
  5. Cari RealTimeIsUniversal, klik 2x dan isi / ganti “Value Data” dengan angka 1
  6. Klik OK dan tutup jendela registry
  7. Selesai.
Baca Juga :  Cara Flashing atau Unbrick Xiaomi Redmi Note 4 Mediatek Helio X20 MIUI 8 Locked ataupun Unlocked Bootloader

Jika ternyata RealTimeIsUniversal tidak ada, maka kamu harus membuatnya sendiri. Caranya seperti no 1, 2, 3 diatas dan selanjutnya :

  1. Ketika di kolom kiri sudah mengarah ke TimeZoneInformation, ganti fokus ke kolom kanan
  2. Klik kanan di kolom kosong, klik New > DWORD (32-bit) Value
  3. Beri nama RealTimeIsUniversal dan ENTER
  4. Selanjutnya sama dengan no 5 dan seterusnya (cara diatas).

Terakhir, restart PC / laptop kamu dan boot ke OS X, lalu reboot ke Windows lagi. Sekarang perhatikan jam nya. Seharusnya sudah benar-benar menampilkan waktu yang tepat.