Masalah Umum yang Terjadi pada Mods Vaporizer dengan Chip DNA

Salah satu bagian dari vaporizer adalah Mod. Mod berfungsi sebagai tempat baterai dan memutus/menyambung sirkuit. Mod terbagi dua macam yakni mechanical dan electrical. Jenis electrical mod adalah yang paling banyak digemari karena kita bisa men-setting besaran watt ataupun voltase yang akan digunakan dalam vaping. Harga electrical mod bervariatif tergantung spesifikasi yang dimiliki. Beberapa mod memiliki chip sendiri ataupun dari pabrikan lain seperti evolv. Salah satu Chip dari Evolv adalah DNA. Electrical mod yang menggunakan chip DNA memiliki performa yang lumayan bagus. Selain itu desainnya juga mewah seperti Finder, Vaporshark, Therion dan lain lain. Tak heran jika banyak yang menyukai mod dengan chip DNA ini. Walaupun chip DNA memiliki performa yang bagus, tetapi tidak menutup kemungkinan akan terjadi error suatu saat. Entah karena kesalahan pemakaian atau cacat pabrik. Berikut ini adalah beberapa kerusakan/masalah umum di mod dengan chip DNA dan cara yang bisa dicoba untuk memperbaikinya ataupun hanya untuk mengetahui penyebab masalahnya :

 

Layar blank/mati, tetapi device/mod masih bisa berfungsi:

  • Pastikan tidak dalam stealth mode : Kunci perangkat kemudian tahan tombol power dan down sampai “Normal Mode” ditampilkan.
  • Pastikan layar tidak terjepit oleh tombol power/firing. Jika ya, kembalikan ke toko untuk diperbaiki atau digaransikan.
  • Di Escribe – Help – About EScribe, klik logo 7 kali lalu buka Device Monitor dan lihat layar. Jika nilainya > 0, berarti ada masalah koneksi layar, bisa jadi kabelnya keluar dari soket atau kabelnya rusak.

Mod hanya menyala saat terhubung ke daya USB :

  • Sekering terbakar : Periksa sekering atau uji dengan ohmmeter. Kembalikan untuk diperbaiki/garansi jika memang terbakar/putus.
  • Baterai mati, drop atau energi habis : Lihat cell charge levels di Escribe untuk memverifikasi bahwa perangkat menunjukkan dua atau tiga baterai (tergantung jenis chip) dan setiap baterai diisikan di atas 2.00 volt

Baterai meter tidak akurat / persen baterai loncat – loncat :

  • Pengaturan Watt-Hour di Escribe salah. Hitung Watt-Hour menggunakan battery analyzer.

Weak Baterai muncul saat baterai memiliki muatan yang cukup :

  • Buka Device Monitor dan lihat tingkat muatan masing-masing baterai untuk mengetahui penurunan saat vape.
  • Verifikasi bahwa setting watt-hour untuk jenis baterai Lithium Polymer anda diatur dengan benar.

Baterai tidak bisa dicharge sampai 100% :

  • Gunakan kalkulator watt hour untuk melihat kapasitas baterai sesuai dengan yang tertera di kemasan atau di wrap. Jalankan battery analyzer untuk mendapatkan angka yang benar atau cukup kurangi ratingnya.
Baca Juga :  Cara Flashing Xiaomi Redmi Note 4 Via Recovery Mode (MIUI 8)

Muncul pesan error Warranty Service :

  • Kesalahan ini berarti regulator tegangan rusak atau melebihi kapasitas yang dianjurkan. Itu bisa terjadi karena sedikit sirkuit pendek (korslet) di suatu tempat di board, tegangan baterai total di bawah 4v atau sejenisnya. Verifikasi tegangan baterai dan ganti baterai jika diperlukan atau kirim mod untuk servis jika baterai sesuai spesifikasi.

EEPROM programing / upload/ baca gagal :

  • Escribe berusaha menulis / membaca ke atau dari perangkat namun gagal. Biasanya terkait dengan kabel USB yang buruk atau komputer yang lag, menyebabkan respons USB lambat. Gunakan kabel yang bagus, tutup beberapa proses / aplikasi berat yang berjalan dan coba update firmware secara manual melalui Tools dan “Update Firmware”.

Perangkat tidak terhubung di Escribe:

  • Kabel USB yang jelek : separuh masalah koneksi terdiagnosis karena kabel berkualitas rendah atau kabel yang kurang bagus untuk data (kabel yang dijual untuk pengisian perangkat seluler atau hp).

Perangkat firing sendiri :

  • Umumnya disebabkan karena short (korslet) dari koneksi “OUT” ke atomizer dan board ground (karena solder yang buruk atau pelapis PCB yang korosi).

Ohms menunjukkan 0.00 saat dipasang atomizer baru :

  • Ohms akan menampilkan 0.00 sampai tombol firing tertekan ketika dipasang atomizer baru. Firing 1x untuk memunculkan resistensi.

Resistansi berubah – ubah dan berakibat pada pengalaman vaping yang buruk :

  • Jalur ground sangat penting. Beberapa mods (seperti Hana) tidak memasang jalur ground dan hanya mengandalkan koneksi pin 510 yang tidak dapat diandalkan. Pasang koneksi ground khusus ke board.
  • Banyak atomizer yang kurang cocok untuk vaping dalam mode TC. Mereka memiliki pegas atau pin tengah berulir longgar yang bisa menyebabkan perubahan besar dalam resistansi. Anda dapat memperbaikinya dengan melepaskan pin, membersihkannya dan kemudian memasang kembali dan pastikan menempel erat pada pin 510.

Temperatur Control (TC) Tidak Bekerja :

  • Lihat masalah resistansi berubah – ubah.

Satu dari 3 baterai gagal untuk mengisi / charge :

  • Ada kesalahan atau cacat pabrik dalam perakitan board dimana salah satu dari empat resistor di dekat slot USB lepas atau dilekatkan dengan buruk. Hal ini bisa dilihat dengan melakukan cek manual. Jika memang salah satu hilang atau tidak terpasang dengan benar, RMA board.
  • Jika board berfungsi dan resistor di board terlihat utuh, maka baterai tersebut mungkin telah rusak atau drop.
Baca Juga :  Cara Cepat Mengatasi Firing yang Lambat (Slow Firing) di Mod Vapor Chip DNA

Mod tidak bisa men-charge atau mengisi dan voltase baterai tidak bertambah :

  • Perangkat tidak bisa mengisi daya baterai di bawah 2 volt. Untuk mencoba memulihkan baterai yang habis, di Escribe pilih Device Monitor, Diagnostics, Advanced dan “Perform USB Recovery Charging”. Anda mungkin perlu melakukan ini beberapa kali.

Custom logo saat pengisian tidak ditampilkan :

  • Periksa kecerahan layar (lebih besar dari 0%). Untuk pengisian di Escribe hanya ditampilkan bila dalam keadaan idle sekitar 30 detik setelah menghubungkan kabel USB.

Port USB menjadi panas saat mengisi daya :

  • Periksa apakah muatan baterai berlebih / penuh dengan melihat voltase baterai di Escribe atau fungsi umum di mod.

Perangkat tidak akan mengisi penuh :

  • Pastikan Anda memiliki jenis baterai yang tepat atau bagus. Jika menggunakan baterai Lipo, tapi lipo4 dipilih, maka hanya akan di charge separuh.

USB Recovery Charge Gagal :

  • USB Recovery charge hanya bekerja untuk baterai yang memiliki muatan diatas 1 volt
  • USB Recovery charge  tidak akan bekerja jika suhu internal mod lebih dari 130F
  • USB Recovery charge mungkin perlu dijalankan beberapa kali
  • Baterai tersebut mungkin tidak dapat dipulihkan

Persiapan awal yang penting :

  • Hal utama yang harus dilakukan : hubungkan ke Escribe dan update firmware, periksa baterai Wh apakah sudah benar, tingkatkan watt maksimal Kanthal jika diperlukan, pilih opsi “max puffs” dan “max recharges” sesuai kebutuhan, atur kecerahan layar di atas 0 % dan setting arus USB sehingga Anda dapat melihat apakah Anda telah menggunakan 1 A USB supply untuk mengisi daya

Mengapa baterai meter VT200 saya drop begitu cepat ? :

  • Beberapa baterai bawaan dari mod ini memiliki kurang dari 14.43 watt hour dari yang diiklankan. Salah satu pengguna mengujinya, nilainya 10,7 watt hour. Setting 11 akan menghasilkan baterai meter yang lebih akurat. Disarankan juga untuk menguji baterai anda dengan battery analyzer tool.

Saya tidak bisa setting lebih dari 100w :

  • Ada batas non-TC 100 w sebagai default di Escribe. Anda bisa mengaturnya lebih tinggi jika diperlukan.

Escribe tidak bisa diperbarui / update :

  • Buka browser Anda dan verifikasi bahwa Anda dapat membuka https://my.evolvapor.com tanpa ada kesalahan.

Perangkat tidak bisa tetap dalam tempereratur mode :

  • Berpindah dari mode TC biasanya terkait dengan penggunaan kabel TCR rendah dengan nilai resistansi mod yang tidak akurat. Jika Anda memiliki resistansi rendah, katakanlah 0.08 dan kawat TCR yang sangat rendah seperti stainless dan memiliki resistensi mod pada 0,008 tetapi data tidak dimasukkan, resistensi gabungan dari kawat dan mod 0,88 ditambah dengan nilai TCR yang rendah akan menyebabkan chip DNA200 gagal untuk mendeteksi perubahan persentase pada kawat untuk mode TC. Jika Anda menggunakan kawat TCR rendah maka anda harus memasukkan data resistensi mod yang akurat dan usahakan untuk membuat resistensi koil yang lebih tinggi.
Baca Juga :  Fungsi dan Shortcut untuk Pengoperasian Tombol di Mod Vapor yang Memiliki Chip DNA

Resistansi maksimal akan lebih rendah untuk dua baterai :

  • DNA 200 dirancang untuk dipakai dengan 3 baterai Li yang disusun seri dan terbatas pada tegangan keluaran maksimal 9 V. Evolv merilis firmware yang memungkinkannya beroperasi dengan 2 rangkaian baterai dengan daya lebih rendah (133 W). Tegangan output maksimal juga berubah menjadi 6 V (2 sel baterai secara seri). Hal ini juga mengubah rentang resistensi yang dapat digunakan antara 0,0532 ohm dan 0,27 ohm untuk 133 W (daya maksimal).

DNA 200 dengan firmware V1.2SP3 menunjukkan baterai kosong setelah memperbarui firmware dan terkadang setelah upload setting atau melepaskan baterai :

  • Ini adalah masalah yang telah diketahui Evolv dan sedang diusahakan perbaikan untuk menyelesaikan masalah ini, tidak akan merusak mod atau baterai dan biasanya pulih setelah mod masuk ke mode sleep. Anda bisa mencoba untuk melakukan hard atau soft booting mod atau melakukan beberapa pengaturan dan upload ke mod. Tapi ini bisa juga diakibatkan oleh chip ataupun komponen dalam mod yang rusak.